Resep Cara Membuat Bubur Ketan Hitam Santan Manis

ResepTante.ComResep Cara Membuat Bubur Ketan Hitam Madura Spesial, Bumbu membuat bubur ketan hitam enak empuk, tips cara membuat bubur ketan hitam santan manis. Bubur ketan hitam adalah salah satu olahan yang berbahan dasar ketan hitam yang mempunyai cita rasa yang khas. Perpaduan antara ketan hitam dengan gula serta santan sangat pas di lidah. Santapan yang satu ini sangat banyak penggemarnya karena rasanya yang manis dan gurih sangat cocok di jadikan camilan saat santai. Selain itu bubur ketan hitam juga sangat cocok di padukan dengan es dawet,sangat pas di santap ketika cuaca panas, karena dapat menyegarkan kerongkongan yang kering. Tidak hanya itu bubur ketan hitam juga sangat cocok di padukan dengan kacang hijau,yang pasti akan membuat  lidah tambah bergoyang menikmati sensasinya. Karena cita rasanya yang pas di lidah tak heran jika kuliner ini sangat di gemari oleh semua kalangan masyarakat kita,terutama buat para penggemar bubur.

Buat kamu penggemar bubur ketan hitam tidak perlu khawatir,karena saat ini bubur ketan hitam banyak di jual di pinggir-pinggir jalan maupun oleh pedagang keliling dengan harga yang sangat terjangkau.Sehingga setiap saat jika ingin menyantap kuliner ini tinggal beli saja. Meskipun demikian tidak ada salahnya jika kita bisa membuatnya sendiri di rumah.Selain lebih hemat juga lebih sehat tentunya. Berikut beberapa resep cara membut bubur ketan hitam yang praktis bisa langsung di praktekan di rumah.

Resep Cara Membuat Bubur Ketan Hitam Santan Manis

Resep Bubur Ketan Hitam Yang Enak dan Bergizi

Bahan – bahan :
  • 250 gram ketan hitam
  • 1 liter air
  • 200 ml santan
  • 1 sendok the garam
  • 2 lembar daun pandan
  • 100 gram gula merah
  • 1 sendok makan gula pasir

Cara Membuat Bubur ketan hitam lezat :
  1. Cuci bersih beras ketan hitam,lalu rendam selama 3 jam. Cuci bersih kembali dan tiriskan.
  2. Siapkan panci, lalu masukan beras ketan hitam, air, garam, gula merah, gula pasir dan daun pandan. Nyalakan kompor dan masak dengan api sedang sampai matang dan ketan hitam benar-benar telah empuk.
  3. Sambil terus diaduk-aduk sampai rata,jika telah matang matikan api dan sisihkan.
  4. Di tempat lain siapkan panci dan masak santan sambil terus di aduk-aduk sampai mendidih.
  5. Untuk penyajian, siapkan mangkok tuang bubur ketan hitam lalu siram dengan kuah santan di atasnya. Bubur ketan hitam siap untuk di santap.

Resep Bubur Ketan Hitam Kuah Santap yang Sedap



Bahan –bahan :
  • 100 gram ketan hitam
  • Gula merah secukupnya
  • 2000 ml air
  • ½ sendok teh garam
  • 2 lembar daun pandan

Bahan Kuah Santan :
  • 400 ml santan kental
  • ½ sendok teh garam
  • 2 lembar daun pandan

Langkah langkah Cara Membuat bubur ketan hitam :
  1. Pertama –tama siapkan panci,lalu masukan beras ketan hitam yang telah di rendam dan di cuci bersih tambahkan air dan garam serta daun pandan. Masak sampai setengah matang sambil sesekali diaduk-aduk.
  2. Setelah itu masukan gula merah yang telah disisir halus,aduk kembali sampai tercampur rata. Masak sampai matang dan ketan hitam benar-benar empuk. Matikan api dan sisihkan.
  3. Ditempat lain siapkan panci dan masak santan lalu tambahkan garam dan daun pandan. Masak sampai mendidih sambil terus diaduk-aduk agar santan tidak pecah.Setelah matang,matikan api dan dinginkan.
  4. Untuk penyajian, siapkan mangkok lalu tuang bubur ketan hitam lalu siram dengan kuah santan diatasnya.Sajikan selagi hangat.


Sangat mudah dan gampang bukan membuat bubur ketan sendiri di rumah? tidak memerlukan waktu yang lama, sangat cocok buat kamu yang sangat sibuk dengan aktivitas yang padat. Cocok juga buat bunda semua yang ingin menghidangkan sajian yang sehat buat anggota keluarga di rumah.

Comments