Resep Cara Membuat Bubur Sumsum Lembut Manis

ResepTante.ComResep Cara Membuat Bubur Sumsum Lembut Manis, bahan-bahan untuk membuat bubur sumsum enak, tips cara membuat bubur sumsum agar tidak menggumpal. Kita sebagai orang Indonesia wajib bangga karena selain sebagai Negara kepulauan yang memiliki berbagai macam suku serta adat istiadat yang beraneka ragam, kekayaan kulinernya juga sangat beragam. Mulai dari makanan ringan sampai yang berat pun kita memiliki bermacam-macam jenis, bahkan banyak warisan kuliner dari nenek moyang kita yang di akui secara Internasional salah satunya yaitu rendang. Namun pada kesempatan kali ini, kita tidak akan membahas tentang rendang. Pada kesempatan kali ini yang akan kita bahas adalah satu satu warisan kuliner kita yang mempunyai cita rasa yang khas yaitu bubur sumsum. Bubur sumsum terbuat dari tepung beras dengan di campur kuah gula merah yang sangat enak di lidah. Bubur sumsum juga mempunyai tekstur yang sangat lembut, sehingga sangat cocok jika di konsumsi oleh balita,maupun orang yang sedang sakit. Namun begitu bukan berarti orang yang sehat tidak boleh mengkonsumsi bubur sumsum ini.  bubur sumsum ini mempunyai cita rasa yang sangat popular di lidah orang Indonesia, menjadikan kuliner sangat digemari di hampir semua kalangan masyarakat kita.

Resep Cara Membuat Bubur Sumsum Lembut Manis


Saat ini sudah banyak penjual yang menjual bubur sumsum ini,sehingga kita tidak akan kesulitan lagi jika ingin menyatap bubur sumsum ini setiap saat. Biasanya bubur sumsum banyak di jual oleh pedagang –pedagang di pinggir jalan maupun oleh pedangan keliling. Seperti halnya jenis bubur yang lainnya,bubur sumsum juga dapat disantap kapan saja baik itu pagi, siang, sore bahkan malam hari. Karena bahan dasarnya tepung beras sehingga bubur sumsum dapat di gunakan sebagai pangganjal perut ketika terasa lapar. Meskipun bubur sumsum banyak di jual oleh pedagang pinggir jalan maupun pedagang keliling, tapi alangkah baiknya jika kita bisa membuatnya sendiri di rumah. Selain lebih terjamin kebersihan dan kesehatannya juga tentunya lebih aman karena tidak menggunkan bahan-bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh kita.

Beberapa resep bubur sumsum yang sederhana tapi sehat dan bergizi akan saya bagikan pada artikel ini. Langsung saja kita mulai dengan resep yang pertama, yaitu :

Resep Bubur Sumsum yang Mudah dan Bergizi

Bahan –bahan :
  • ½ kg tepung beras
  • 1 liter santan
  • ¼ kg gula merah
  • 2 helai daun padan
  • Garam secukupnya

Cara Membuat bubur sumsum lezat :
  1. Siapkan panci,lalu masukan santan serta tepung beras aduk-aduk sampai rata dan tidak bagian tepung yang menggumpal, tambahkan daun pandan.
  2. Nyalakan kompor dan masak campuran tersebut dengan api sedang sambil terus diaduk-aduk hingga tepung menggumpal kira-kira 30 menit. Matikan api dan tunggu sampai dingin.
  3. Untuk membuat kuah gula merah : hancurkan gula merah lalu tambahkan air secukupnya dan masak dalam panci ,tambahkan daun pandan dan masak sampai mengental.
  4. Untuk penyajian, siapkan mangkok lalu tuang bubur sumsum tambahkan kuah gula merah. Bubur sumsum siap untuk di santap.

Resep Bubur Sumsum yang Praktis dan Ekonomis 



Bahan –bahan :
  • 100 gram tepung beras
  • 1 liter santan 
  • 1 sendok the garam
  • 3 helai daun pandan

Bahan Kuah Gula Merah :
  • 250 gram gula merah
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 250 ml air
  • 1 helai daun pandan

Langkah langkah Cara Membuat bubur sumsum :
  1. Pertama –tama siapkan panci,lalu masukan tepung beras dan santan aduk-aduk sampai rata dan tidak ada bagian yang menggumpal. Tambahkan daun pandan lalu masak dengan api sedang sambil terus diaduk-aduk.
  2. Masak sampai mengental dan mendidih lalu matikan api dan dinginkan
  3. Di tempat yang berbeda siapkan panci dan masukan gula merah yang telah diiris tipis tambahkan air dan daun pandan. Masak sampai mendidih dan mengental. Matikan api.
  4. Tuang bubur sumsum dalam mangkok lalu siram dengan kuah gula merah, bubur sumsum siap untuk di sajikan.


Demikianlah beberapa resep bubur sumsum rumahan yang sangat mudah dan gampang untuk di coba sendiri di rumah.Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Comments