Resep Cara Membuat Bubur Jagung Manis Gurih

ResepTante.ComResep Cara Membuat Bubur Jagung Manis Gurih, Bahan membuat bubur jagung spesial enak, tips cara membuat bubur jagung mudah simple. Jagung merupakan salah satu jenis tanaman yang banyak mengandung karbohidrat, oleh karena itu di sebagian masyarakat kita jagung di gunakan sebagai makanan pokok pengganti beras. Ada banyak sekali varietas jagung yang ada saat ini,salah satunya yaitu jagung manis. Jagung manis adalah varietas jagung yang lebih enak dimakan sebagai sayuran. Berbeda dengan jagung umumnya, varietas jagung manis dipanen ketika masih muda dan segar karena gula dalam jagung lebih cepat terkonversi dengan pati. Jagung merupakan tanaman asli Amerika Tengah, yang kemudian diperkenalkan ke seluruh dunia oleh penjelajah Spanyol. Tanaman jagung manis adalah salah satu tanaman komersial yang penting di banyak negara tropis dan sub-tropis. 

Jagung manis mengandung 86 kalori per 100 g, biji jagung manis cukup tinggi gula dan kalori dibandingkan dengan sayuran lainnya. Namun, jagung segar jauh lebih rendah kalori daripada keluarga jagung lainnya seperti gandum, beras, dll.  Kalori jagung manis terutama berasal dari karbohidrat sederhana seperti glukosa, sukrosa,  dibandingkan gula kompleks seperti amilosa dan amilopektin seperti pada sereal. Jagung manis adalah sereal bebas gluten,  dan dapat digunakan dengan aman seperti halnya beras dll.

Resep Cara Membuat Bubur Jagung Manis Gurih


Ada banyak sekali aneka olahan berbahan dasar jagung manis ini,selain digunakan sebagai sayuran ataupun di buat lauk seperti perkedel jagung,ternyata jagung manis ini juga sangat baik di buat bubur. Bubur jagung kaya akan sumber vitamin dan nutrisi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Meskipun biasanya bubur jagung ini di konsumsi oleh orang yang sedang sakit karena teksturnya yang lembut,namun tak jarang juga yang sehat juga banyak mengkonsumsi bubur jagung ini. Membuat bubur jagung tidaklah sulit,berikut beberapa resep bubur jagung sederhana yang bisa kita buat sendiri di rumah.

Cara Membuat Bubur Jagung Sederhana yang Enak

Bahan –bahan :
  • 1 kg jagung manis
  • 250 ml santan kental
  • 750 ml air
  • 10 sendok makan gula pasir ( bisa di tambahkan sesuai selera)
  • 2 simpul daun pandan
  • 4 sendok makan tepung maizena
  • 1 sendok teh vanili
  • 1 sendok teh garam

Cara Membuat Bubur Jagung yang mudah :
  1. Pertama –tama parut jagung manis dan masukan dalam wadah.Sisa beberapa untuk dipipil dan di campurkan dengan yang di parut.
  2. Masukan ke dalam panci dan campurkan dengan 250 ml santan kental dan tambahkan 750 ml air.
  3. Masak campuran bahan bubur diatas dengan api sedang sambil terus diaduk-aduk agar santan tidak pecah.Tambahkan gula pasir,daun pandan aduk kembali.
  4. Encerkan tepung maizena dengan dengan sedikit air lalu campurkan ke dalam adonan bubur tadi,aduk kembali sampai rata.
  5. Tambahkan vanili dan garam lalu aduk kembali dan masak sampai matang dan mendidih.Matikan api dan angkat bubur jagungnya.
  6. Bubur jagung siap untuk di sajikan.

Cara Membuat Bubur Jagung yang Praktis dan Ekonomis



Bahan –bahan :
  • 2 buah jagung manis ukuran besar
  • 400 ml santan cair
  • ½ sendok teh vanili bubuk
  • 1 lembar daun pandan
  • 5 sendok makan gula pasir ( bisa sesuai selera)
  • ½ sendok teh garam

Cara Membuat Bubur Jagung yang enak :
  1. Jagung di pipil,sebagain lagi di blender .Tempatkan dalam wadah dan sisihkan.
  2. Siapkan panci dan masukan santan,garam,vanili dan daun pandan.Masak dengan api sedang sambil terus diaduk-aduk agar santan tidak pecah.Setelah mendidih masukan gula aduk kembali sampai rata.
  3. Tambahkan jagung yang telah di blender dan yang dipipil lalu aduk kembali sampai rata.Masak kembali sampai matang dan mendidih.
  4. Untuk penyajian siapkan mangkok dan tuang bubur di atasnya,sajikan selagi hangat ataupun dingin.


Itulah beberapa resep bubur jagung rumahan yang praktis dan ekonomis,langsung bisa kita coba di rumah.Semoga resep ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Comments