Resep Cara Membuat Bubur Kacang Hijau Sederhana

ResepTante.ComResep Cara Membuat Bubur Kacang Hijau Sederhana, bahan bahan membuat bubur kacang ijo enak, tips cara membuat bubur kacang hijau ibu hamil. Kacang hijau adalah salah satu jenis kacang-kacangan yang memiliki kandungan gizi yang sangat banyak. Kacang hijau mengandung kalsium, fosfor, zat besi, vitamin B kompleks seperti vitamin B1 (tiamin) dan B2 (riboflavin), niacin, dan asam amino yang berkhasiat sebagai obat beri-beri, demam nifas, pelancar air seni, dan kurang darah. Selain itu kacang hijau juga bisa menjadi sumber protein alternatif bagi para vegetarian. Kandungan protein dalam setiap 100 gr kacang hijau sebesar 7 gr protein. Protein dalam kacang hijau memiliki profil asam amino lengkap dan dapat diserap tubuh lebih cepat. Protein berguna dalam membantu pembentukan sel-sel otot, mempercepat pemulihan, meningkatkan daya tahan tubuh, dan membantu Anda kenyang lebih lama.

Resep Cara Membuat Bubur Kacang Hijau Sederhana


Karena begitu banyaknya kandungan gizi yang terkandung dalam kacang hijau yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh,maka dari itulah kacang hijau diolah menjadi bentuk makanan yang sangat bermacam-macam, mulai dari dijadikan bahan isian bakpia, kue kering dan olahan kacang hijau yang sangat terkenal yaitu bubur kacang hijau. Bubur kacang hijau bisa dikatakan sebagai makanan yang sangat bergizi dan di gemari hampir semua kalangan masyarakat kita.Karena selain mudah di dapat, bubur kacang hijau juga banyak di jual oleh pedagang kali lima maupun oleh pedagang keliling dengan harga yang sangat terjangkau. Bubur kacang hijau mempunyai rasa yang manis dari gula merah di tambahkan dengan rasa gurih dari santan, sangat cocok ketika di santap saat santai maupun di jadikan sajian saat acara keluarga.

Buat kamu yang penasaran dengan resep bubur kacang hijau ini,berikut akan saya bagikan beberapa resep untuk membuat bubur kacang hijau rumahan yang sehat dan bergizi. Baiklah langsung saja kita mulai dengan resep pertama,yaitu :

Resep Bubur Kacang Hijau yang Praktis dan Ekonomis

Bahan –bahan :
  • 100 gram kacang hijau,bersihkan lalu rendam selama 2 jam
  • 100 gram gula merah iris tipis
  • Gula pasir secukupnya
  • 1 ruas jahe memarkan
  • 2 helai daun pandan buat simpul
  • Santan secukupnya

Langkah langkah Cara Membuat bubur kacang hijau :
  1. Rebus kacang hijau yang sudah di rendam selama 2 jam,sambil sesekali diaduk.
  2. Setelah setengah matang tambahkan irisan gula merah, gula pasir, jahe yang telah di memarkan   dan daun pandan aduk kembali.
  3. Masak sampai kacang benar-benar telah matang, matikan api.
  4. Siapkan mangkok,lalu tuang bubur kacang hijau sajikan bersama sedikit santan.

Resep Bubur Kacang Hijau Susu yang Sehat dan Bergizi



Bahan-bahan :
  • 250 gram kacang hijau
  • ½ liter air
  • 1 cm jahe 
  • 3 buah gula merah
  • 3 sendok makan susu bubuk

Tips Cara Membuat Bubur kacang ijo :
  1. Pertama –tama cuci bersih kacang hijau, setelah itu rendam dengan air selama kurang lebih 2-3 jam.
  2. Siapkan panci lalu rebus kacang hijau yang telah di rendam sampai mendidih dan biji kacang hijaunya pecah-pecah.
  3. Kemudian masukan gula merah yang telah diiris tipis,jahe yang telah di geprek serta susu bubuk dan aduk –aduk sampai semua tercampur rata.
  4. Masak sampai matang dan kacang hijau benar-benar empuk. Matikan api dan sajikan.
  5. Siapkan piring atau mangkok, lalu tuang bubur kacang hijau dan sajikan selagi hangat.


Itulah beberapa resep cara membuat bubur kacang hijau sederhana yang sangat praktis dan bisa langsung kita praktekan di rumah. Semoga resep ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Comments